ARTIKEL TENTANG BAHASA PEMROGRAMAN

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberi sedikit pencerahan pada rekan-rekan yang ingin menjadi Programmer maupun yang sudah menjadi Programmer tapi belum terlalu paham tentang Bahasa Pemrograman.

Bahasa Pemrograman adalah teknik komando atau instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Secara Umum, terdapat 4 Kelompok Bahasa Pemrograman yang dikelompokkan menurut tingkat kedekatan dengan mesin komputer :

  1. Bahasa Mesin.

Adalah Kelompok Bahasa yang memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner.

  1. Bahasa Tingkat Rendah

Adalah Kelompok Bahasa  yang memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat.

  1. Bahasa Tingkat Menengah

Adalah Kelompok Bahasa yang memberikan perintah kepada komputer dengan campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan instruksi yang bersifat simbolik.

  1. Bahasa Tingkat Tinggi

Adalah Kelompok Bahasa yang memberikan perintah pada komputer dengan bahasa yang Familiar dengan manusia atau menggunakan Bahasa Inggris.

Berikut ini beberapa daftar Bahasa Pemrograman yang biasa digunakan oleh Programmer :

–          Pascal

Pascal memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dan lain-lain. Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan oleh programmer karena menggunakan Compiler untuk menerjemahkannya dan juga mengikuti standard Bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen. Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan terstruktur

–          Delphi

Borland Delphi merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal.

–          Bahasa C

C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi. Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.

–          Bahasa Pemrograman C++

Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

–          VisualBasic

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

–          JAVA

Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu :

1.      Programming-language specification

2.      Application-programming interface

3.      Virtual-machine specification

–          JAVA Script

Bahasa pemrograman javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. Javascript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh netscape.).

–          Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.  PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

–          HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

–           Bahasa Pemrogaman Cobol

COBOL adalah kepanjangan dari Common Bussiness Oriented Language. Bahasa COBOL digolongkan sebagai High Level Language (bahasa pemrograman tingkat tinggi) yang berorientasi pada masalah bisnis.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang Bahasa Pemrograman, dan semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan walaupun hanya sedikit, serta mohon dimaklumi bila postingan saya terdapat kesalahan penulisan atau susunan kata.

 

sumber : https://rhezkybadjuka.wordpress.com/2012/10/12/artikel-tentang-bahasa-pemrograman/

Ayo bagikan Artikel ini