7 Cara Mengoptimasi Website WordPress Anda

Cara mengoptimalkan website wordpress itu tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada settingan yang sudah tersedia, dan semuanya bisa dibilang gratis dan tidak ribet.

WordPress saat ini memang dianggap sebagai platform yang sangat baik dan banyak penggunanya. Terhitung, hingga bulan November 2015 ini WordPress sudah digunakan oleh 25% dari jumlah seluruh website yang ada di internet.

Angka tersebut tentu sangat besar dimana ada lebih dari 400 juta website diseluruh dunia yang menggunakan WordPress, termasuk lebih dari 100 juta di Amerika Serikat.

Selain itu website WordPress di seluruh dunia mempublikasikan postingan setiap 17 detik. Diantara website tersebut juga banyak yang berjenis website bisnis, fakta tersebut tentu menunjukan bagaimana pentingnya WordPress sebagai layanan manajemen konten.

Kesederhanaan, integrasinya dengan sosial media serta banyaknya theme dan plugin adalah alasan utama banyak yang menggunakan WordPress.

Namun menggunakan WordPress tentu tidak bisa begitu saja setelah di install lalu didiamkan tanpa diatur, Agar website maksimal dengan WordPress Anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini.

1. Kualitas Themes

Terdapat ribuan theme WordPress yang gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk membangun website Anda. Namun, Anda perlu untuk berhati-hati dalam memilih theme yang baik untuk website Anda. Tema harus bisa fleksibel dan Anda harus bisa memodifikasi theme tersebut tanpa ribet.

2. Hosting

Hosting adalah salah satu faktor penting keberhasilan website Anda, dimana hosting yang tangguh tentu akan membuat usaha Anda lancar. Jangan berlama-lama berada di hosting yang sering down, atau bermasalah. Segera cari penggantinya yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk mencari hosting yang bisa memberikan layanan 7×24 jam.

3. Pilih plugin dengan bijak

Terdapat banyak sekali plugin yang bisa Anda gunakan dengan gratis, namun tentu Anda harus bisa memilih plugin terbaik dengan bijak. Jangan menggunakan terlalu banyak plugin agar website Anda tidak terbebani. Gunakan plugin yang penting-penting saja namun terpercaya.

4. Lakukan konfigurasi pada website Anda

Setelah sukses menginstall WordPress, maka setelah itu Anda perlu melakukan berbagai pengaturan. Misalnya, Anda harus memikirkan bagaimana mengeloka komentar, apakah komentar langsung terpublish atau perlu di moderasi dulu oleh Admin. Selain itu Anda juga perlu mengatur permalink serta pengaturan lain seperti pencegahan spam.

5. Tampilan mobile

Saat ini pengguna mobile internet semakin ramai, Google pun menginformasikan bahwa pencarian sekarang lebih banyak dilakukan dari ponsel dibandingkan dari dekstop. Jadi pastikan website Anda bisa dibuka dengan maksimal dari ponsel, dengan cara memilih theme yang responsive atau menginstall plugin untuk tampilan mobile.

Selain itu website yang support mobile juga akan lebih di prioritaskan oleh mesin pencari Google.

6. Keamanan

WordPress yang ada saat ini terbilang cukup Aman, namun tentu Anda juga perlu untuk menambahkan pengamanan-pengamanan lain demi website kesayangan Anda dengan menggunakna plugin atau trik-trik tertentu.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sudah menjadi perbincangan dimana-mana, karena dengan mengusai tehnik ini maka Anda bisa menguasai mesin pencari. Semua orang tentu ingin website nya muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Untuk itu Anda bisa menggunakan berbagai plugin SEO atau dengan menambahkan sitemap, dan yang tak kalah penting tambahkan plugin yang bisa membuat website Anda mudah untuk dibagikan ke sosial media agar pengujung semakin bertambah.

Itulah beberapa cara mengoptimasi website WordPress Anda agar bisa berjalan dengan maksimal dan membawa keuntungan untuk Anda dan pengunjung. Nantikan artikel menarik lain nya dari Jurnalweb, website yang membahas seputar dunia web dan teknologi informasi.

sumber : http://www.jurnalweb.com/cara-mengoptimasi-website-wordpress-anda/

Ayo bagikan Artikel ini