10 Cara Agar Artikel Website Bisa Masuk ke Google News

Cara agar website / blog bisa disetujui tampil dan masuk ke Google News — Dihalaman pencarian Google Anda bisa melakukan pencarian untuk berbagai tipe, ada pencarian web, image, video, news, maps, books dan aplikasi.

Website Anda bisa mendapatkan traffic dari berbagai pilihan tersebut jika Anda bisa mengoptimasinya.

Pencarian Google ada yang khusus untuk mencari berita, tulisan dari website khusus berita itu bisa muncul di halaman hasil pencarian google yang biasa dan juga bisa muncul di Google News. Namun tidak semua website bisa ada di Google News. Beruntunglah website yang bisa masuk Google news karena tentu akan menambah traffic dan kepercayaan pembaca.

Ada kriteria dan syarat yang ditentukan oleh Google agar sebuah website bisa muncul di hasil pencarian News (berita).

1. Tampilan website / theme

Untuk bisa masuk ke Google News, tema website memainkan peranan kunci agar bisa di terima Google. Tema website harus yang bergaya Magazine/majalah dan menunya terdiri dari berbagai ketegori menu seperti Politik, Pendidikan, Hiburan, Olahraga, Teknologi, dan lainnya.

Google News menyaratkan tampilan website harus bertema berita. Website dengan tampilan seperti Detik, Tempo dan lainnya adalah contoh website dengan tema berita. Kira-kita tampilan blog atau website Anda mirip seperti itu.

2. Website harus memiliki info lengkap

Website Anda harus memiliki halaman seperti Tentang Kami, Hubungi Kami, Media Kit atau halaman Penulis (Author). Pada halaman tentang kami Anda harus menuliskan daftar semua penulis yang berkontribusi.

3. Website harus memiliki banyak penulis

Website harus memiliki setidaknya 2 atau 3 penulis, lebih banyak lebih bagus. Jika hanya satu orang maka produksi konten setiap harinya tentu hanya sedikit dan website berita biasanya memiliki banyak berita setiap harinya.

4. Jangan menulis berita tentang update pekerjaan, pemberitahuan dan website cara (how-to)

Ini sering salah pengertian, dimana pemilik website sering kali memposting seputar pekerjaan dan pemberitahuan lowongan pekerjaan dan ini tentu melanggar ToS Google News. Jadi jika website Anda memiliki tulisan seperti itu, sebaiknya segara hapus sebelum mengajukan permohonan untuk Google News.

Setelah website disetujui masuk Google News, Anda bisa sesekali memposting tentang pekerjaan.

Selain itu website yang berisi cara melakukan sesuatu (How-To) tidak cocok dengan Google News, karena mereka hanya menerima website dengan konten dengan jenis berita. Website tutorial tidak akan diterima oleh Google News.

5. Biodata penulis dan halaman postingan/artikel

Nama penulis harus ditulis dengan lengkap, namun biodatanya hanya opsional. Namun untuk tahap pengajuan sebaiknya biodata penulis ditulis dengan lengkap agar menambah nilai dimata Google News.

6. Anda harus membagi konten dalam beberapa kategori

Setiap situs berita memiliki beberapa kategori karena Google News akan meminta Anda untuk membangi website dalam beberapa bagian, seperti Headline, teknologi, hiburan, politik dan lainnya ketika mengajukan permohonan.

7. Anda harus mempublikasikan konten berkualitas setiap harinya

Umumnya orang bilang Anda harus mempublikasikan setidaknya 3 artikel setiap harinya. Namun percayalah bahwa hal tersebut sangat kurang. Setidaknya Anda harus mempublikasikan 10 tulisan per hari dan bahkan kalau bisa sebelum atau selama masa mengajukan permohonan Anda mempublikasikan 15 artikel setiap hari.

8. Grammer Penting untuk diperhatikan

Permohonan Anda akan ditinjau secara manual oleh seorang karyawan Google News. Mereka akan melakukan verifikasi situs Anda secara lengkap, jadi sebisa mungkin gunakan bahasa yang baik dan benar agar orang yang melakukan verifikasi tidak kesulitan dalam membaca konten website Anda. Meskipun Anda sudah memenuhi beberapa syarat lain, tapi grammer website tidak baik, maka kemungkinan akan ditolak.

9. Google News Sitemap dan News Keyword Tag

 

Google News Sitemap sedikit berbeda dari sitemap yang biasa ada di website/blog. Sebuah Google News Sitemap harus memiliki maksimal 1000 URLs yang terindeks.

 

Selain itu Anda harus menambahkan sebuah tag keyword tambahan dengan nama news_keyword. Ini sebenarnya hanya opsional, namun jika itu ada di website Anda tentu akan memberikan nilai lebih untuk diterima.

10. Beli website

Jika website Anda sulit diterima di Google News, maka Anda bisa mencoba untuk membeli wesite yang sudah jadi dan kalau bisa cari yang sudah diteirma di Google news, Anda bisa membeli di webiste broker seperti Flippa.com.

Untuk cara ini tentu Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak, karena harga website yang bagus biasanya berkisar sekitar $500 hingga $5000, bahkan ada yang lebih mahal.

Jika Anda ingin mendaftarkan website Anda ke Google News, Anda bisa klik DISINI.

Itulah beberapa tips agar website bisa tampil di Google News, cara tersebut tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika website sudah masuk kesana tentu saja akan meningkatkan traffic pengujung website Anda, selain itu website Anda tentu akan semakin terpercaya dimata pengunjung. Google juga akan menganggap website Anda website yang terpercaya.

Setelah selesai mengajukan permohonan, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 hari untuk mengetahui hasilnya, apakah diterima atau tidak. Jika permohonan pertama Anda ditolak, maka dibutuhkan waktu sekitar 90 hari lagi untuk bisa mengajukan permohonan kedua. Jadi berhati-hatilah ketika mendaftar, pastikan website Anda memenuhi semua kriteria yang diminta oleh Google News, jangan terburu-buru dan perhatikan benar kualitas konten dan kualitas website Anda.

sumber : http://www.jurnalweb.com/cara-agar-artikel-website-bisa-masuk-ke-google-news/

Ayo bagikan Artikel ini